Palembang (03/04) telah dilaksanakan kegiatan Rapat koordinasi Lintas Sektoral dan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Ketupat Musi 2024 yang bertempat di Lapangan Griya Agung Palembang. Personil yang hadir terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait yaitu BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Keamanan dan Ketertiban Masyarakat lainnya.

Kegiatan apel dipimpin oleh Kapolda Sumatera Selatan, Irjen. Pol. A Rachmad Wibowo, S.I.K. Disampaikan oleh Bapak Kapolda Sumatera Selatan dalam amanat Kapolri bahwa Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 – 16 April 2024. Operasi ini telah diawali Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) tanggal 28 Maret – 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 – 23 April 2024

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Seluruh upaya dan perkembangan di lapangan harus diimbangi dengan strategi komunikasi publik yang baik. Pastikan masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *