Bandung (14/03), bertempat di Mercure Hotel Bandung City telah diadakan kegiatan Rapat Koordinasi National Digital Forecast (NDF) dan Persiapan Posko Lebaran Tahun 2024

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 14 Maret – 17 Maret 2024 yang dihadiri oleh seluruh UPT Koordinator NDF sebanyak 34 dan para senior forecaster. Rapat Koordinasi dibuka langsung oleh Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D didampingi oleh Deputi Bidang Meteorologi Bapak Guswanto, M.Si, Kepala Pusat Meteorologi Publik Bapak Dr. Andri Ramdhani, S.Kom, M.Si, Kepala Pusat Meteorologi Maritim Bapak Eko Prasetyo, MT dan Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan Bapak Achadi Subarkah Raharjo, S.Si.

Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan arahan dalam acara pembukaan bahwa sudah saatnya kita berbagi tugas dalam hal penyediaan layanan informasi prakiraan cuaca oleh Forecaster yang ada di BMKG pusat ke Forecaster yang ada di UPT daerah atau wilayah Provinsi masing-masing.

Kita berharap bahwa adanya anggaran APBN yang di seluruh UPT BMKG mampu memberikan dampak berupa keselamatan masyarakat dalam penanganan bencana hidrometeorologi. Ditambahkan dalam keterangannya di sela-sela audiensi dengan para Koordinator NDF bahwa kita semua harus mampu memberikan layanan informasi cuaca mudik Tahun 2024 dan posko lebaran 1445 H.

Fokus peningkatan hendaknya bisa diarahkan pada skala akurasi baik dalam hal informasi cuaca berbasis dampak (IBF) maupun informasi prakiraan cuaca harian yang ada di wilayah pelayanan masing-masing. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan dalam kegiatan ini diantaranya adalah :

1. Menyiapkan layanan informasi cuaca maritim dilokasi penyeberangan
2. Akurasi dari IBF Perlu ditingkatkan khususnya pada level Provinsi dan Kabupaten melalui overlay peta histori kejadian bencana/potensi bencana banjir, genangan dan longsor banjir rob, sehingga kita mendapatkan sebuah treshold respon dampak bencana
3. Pengelolaan kegiatan Sekolah Lapang Cuaca (SLC) yang dijadikan inisiasi dalam membangun sebuah komunitas penanganan bencana hidrometeorologi

Dalam kegiatan ini juga diadakan penganugerahan piagam penghargaan kepada beberapa UPT Koordinator NDF dengan beberapa kriteria. Stasiun Meteorologi SMB II Palembang terpilih sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tergiat Mengikuti Koordinasi Dalam CARI DISKON Selama Tahun 2023. Di Akhir kesempatan diharapkan kepada seluruh UPT BMKG untuk mendukung pelaksanaan Posko Lebaran Tahun 2024 Dengan Mengusung Tema “MUDIK AMAN DAN PENUH MAKNA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *