Palembang (06/03), Bertempat di ruang rapat Stasiun Meteorologi SMB II Palembang telah dilaksanakan Dialog Interaktif Tanggap Bencana dengan tema “Antisipasi Curah Hujan Tinggi”.

Turut hadir sebagai Narasumber Kepala Stasiun Meteorologi SMB II, Bpk Siswanto, ST., M.Si dan Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Bpk Sudirman, SKM., M.Si.

Disampaikan oleh Bpk Siswanto, “bahwa secara klimatologi di Sumatera Selatan memasuki dasarian II pada bulan Maret 2024 intensitas curah hujan akan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Bulan Februari 2024. Curah hujan tinggi masih berpotensi di Sumatera Selatan dimana sifat hujan didominasi antara Normal hingga Atas Normal”.

Masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaaannya terhadap bencana hidrometeorologi seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat dan sambaran petir.

Banjir dan genangan masih berpotensi di beberapa wilayah di Sumatera Selatan karena saat ini pori-pori tanah sudah sangat jenuh dan jika terjadi hujan maka akan terjadi limpasan air di permukaan berupa banjir bahkan berpotensi bencana gerakan tanah longsor dikawasan dengan kemiringan lereng terjal yang di topang oleh formasi batuan yang tidak kompak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *