Bertempat di Kampus Jakabaring Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang telah dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palembang dengan UIN Raden Fatah Fakultas Sains dan Teknologi Palembang pada Selasa, 27 Februari 2024.

Dihadiri oleh Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, M.Si, Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Prof. Drs. Hj. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.S.i, Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Dr. Hamidah, M.Ag, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Drs. Jumari iswadi, M.M, Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG, Bpk. Mohamad Muslihuddin, S.H, M.H (yang mewakili), Kepala Balai Besar MKG Wilayah II BMKG, Bpk. Hartanto, S.T., M.M, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Dr. Munir, M.Ag, Koordinator BMKG Sumatera Selatan, Bpk. Wandayantolis, M.Si, Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bpk. Siswanto, S.T, M.Si, serta Seluruh Civitas Akademika di lingkungan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Dalam menjalankan tugasnya di bidang layanan cuaca, iklim, dan kegempaan, BMKG sangat membutuhkan dukungan dari hasil riset perguruan tinggi. Oleh karena itu, kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang sangatlah penting dalam memastikan kesinambungan operasional dan pengembangan ilmu pengetahuan.yang berkelanjutan.

Dalam sambutannya disampaikan oleh Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, M.Si. selaku Deputi Bidang Klimatologi BMKG, BMKG sangat concern terhadap peningkatan kapasitas dan pemahaman masyarakat Indonesia di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika yang terus diupayakan melalui berbagai program literasi dan edukasi yang dilaksanakan oleh BMKG. Beberapa kegiatan literasi yang secara konsisten dilaksanakan oleh BMKG untuk meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, diantaranya adalah kegiatan Sekolah Lapang Iklim untuk Petani, Sekolah Lapang Cuaca untuk nelayan dan petambak garam dan udang, serta Sekolah Lapang Gempa untuk Masyarakat.

Sementara itu, menurut Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., MoU ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan kualitas pendidikan di UIN Raden Fatah Palembang, terlebih lagi UIN Raden Fatah Palembang memiliki konsistensi yang tinggi terhadap lingkungan. “Kerjasama ini sangat penting dilakukan, melalui MoU ini, kedua belah pihak akan bekerja sama dalam berbagai bidang yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, “tuturnya.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., dan Dekan FST, Prof. Dr. Munir, M.Ag., dengan Deputi Klimatologi BMKG Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, M.Si., yang disaksikan oleh Wakil Rektor III Dr. Hamidah, M.Ag., dan Biro AAKK Drs. Jumari Iswadi, M.M.

Selain Penandatanganan MoU dan MoA, dalam kesempatan ini juga diselenggarakannya Kuliah Umum oleh Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, M.Si. selaku Deputi Bidang Klimatologi BMKG, dengan tema “Implementasi SDGs pada sumberdaya air dan aksi iklim berbasis adaptasi lahan rawa: Kontribusi universitas melalui kampus hijau dan berkelanjutan untuk wujudkan Netral Karbon Indonesia 2060”

Kami berharap bahwa formalisasi hubungan ini akan memperkuat kerjasama antara kedua belah pihak, terutama dalam hal pertukaran data/informasi dan program magang mahasiswa. Apresiasi kami sampaikan kepada Pihak Rektor, Dekanat, dan seluruh civitas akademika atas dukungan yang telah diberikan.

Terakhir, kami berharap bahwa kerjasama ini tidak hanya menjadi kesepakatan formal, tetapi juga akan menghasilkan langkah-langkah strategis, praktis, dan berkelanjutan yang akan memberi manfaat bagi kedua institusi dan masyarakat secara luas.Semoga kerjasama ini membawa manfaat positif bagi semua pihak, khususnya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan pelayanan kepada masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *